krisis ekonomi di Indonesia

BAB I

PENDAHULUAN

  1. Latar belakang

Krisis ekonomi di Indonesia terjadi sejak zaman dahulu hingga sekarang sudah sering terjadi apalagi pada tahun 1997. Indonesia pernah mengalami krisis moneter selama lebih dari 2 tahun, yakni lumpuhnya kegiatan ekonimi karena semakin banyak perusahaan yang tutup dan meningkatnya jumlah pekerja yang menganggur. Oleh karena itu, perlu adanya tindakan-tindakan nyata dari pemerintah untuk memperbaiki ini semua sehingga Indonesia bias menjadi lebih baik dan tingkat pengangguran di Indonesia semakin berkurang.

Krisis ekonomi yang berkembang menjadi krisis di berbagai bidang telah memberikan kesadaran baru akan adanya persoalan di bidang ekonomi, politik. Hukum serta agama dan social budaya yang bersifat stuktural dan terus berkembang di kalangan masyarakat. Persoalan ketidak adilan terus di pertanyakan dan di tuntut oleh masyarakat untuk segera di perbaiki. Masyarakat menuntut reformasi di segala bidang secara mendasar. Termasuk pemulihan ekonimi secepatnya. Langkah-langkah untuk menanggulangi krisis secepatnya, supaya masyarakat di Negara Indonesia tidak banyak yang menganggur. Selanjutnya telah di aman kan rakyat Indonesia melalui siding istimewa majelis permusyawaratan rakyat bulan November tahun 1998. Namun demikian upaya pemulihan ekonimi berjalan lambat karena situasi social,politik, dan keamanan yang kurang kondusif.

  1. Rumusan masalah
  2. Dampak yang terjadi akibat krisis ekonomi…..?
  3. Faktor-faktor yang mendukung terjadinya penurunan ekonomi di Indonesia….?
  4. Cara penanggulangan dari dampak krisis ekonomi……?
  5. Pembatasan masalah

Masalah-masalah yang di bahas di atas tersebut meliputi, dampak yang terjadi akibat krisis ekonomi, factor-faktor yang mendukung terjadinya penurunan ekonomi d Indonesia, dan cara penanggulangan dari dampak krisis ekonimi.

  1. Tujuan masalah
  2. Untuk mengetahui dampak yang terjadi akibat krisis ekonomi
  3. Untuk mengetahui factor-faktor yang mendukung terjadinya penurunan ekonimi di Indonesia
  4. Untuk mengetahui cara penanggulangan dari dampak krisis ekonomi.

 

 

BAB II

PEMBAHASAN

 

  1. Faktor-faktor yang mendukung terjadinya penurunan ekonomi di Indonesia.

Penyebab ekonomi melemah menurut kepala BPS (badan pusat statistika) suryamin di sebabkan oleh dua hal penyebabnya adalah dari sisi produksi dan pengeluaran.

Selain iti juga menurutnya nilai rupiah memberi pengaruh terhadap nilai kurs yang terus melemah. Pengaruh ekonomi global juga menjadi salah satu penyebab ekonomi melemah. Beberapa factor penyebab ekonimi melemah akan di rangkum seperti di bawah ini ;

  1. Melemahnya tingkat konsumsi dan daya beli masyarakat
  2. Melemahnya nilai kurs rupiah
  3. Perlambatan ekonomi global
  4. Menurunnya ekspor
  5. Menurunnya kepercayaan investor

Penyebab ekonomi melemah di Indonesia tentu sangat berpengaruh terhadap kehidupan bermasyarakat. Pada dasarnya kita harus siap dengan kondisi perekonomian yang sedang bergejolak. Mempertimbangkan kondisi tersebut maka kita harus mempersiapkan diri menghadapi kemungkinan jika kemudian hari terjadi krisis.

  1. Dampak yang terjadi akibat krisis ekonomi.

Krisis ekonomi yang sedang di alami oleh beberapa Negara besar di dunia contohnya AS secara tidak langsung mempengaruhi perekonimian di Indonesia. Maka dari itu pemerintahan harus waspada dan antisifasi, karena resesi ekonomi AS kemungkinan semakin parah sehingga berdampak hebat terhadap kehidupan ekonomi di dalam negeri.

Krisis ekonomi global dapat diumpamakan sebagai deretan kartu domino yang di atur sejajar, jika pemain utama terjatuh maka akan membawa dampak buruk terhadap yang lainnya. Celakanya kalau Negara-negara berkembang yang terkena krisis ekonomi, lembaga-lembaga keuangan internasional cenderung lepas tangan. Akibatnya, krisis yang terjadi bias sangat parah dan potensial mengimbas ke wilayah lain. Warung-warung di pelosok Jakarta kini bertumbang kejurang kebangkrutan. Itu sebagai bukti bahwa rakyat kebanyakan sudah tak berbelanja lagi. Sementara lapisan atas justru berbelanja keperluan sehari-hari ke pasar-pasar modern milik pengusaha besar. Ini menyebabkan kapitalita raksasa bagi dunia bisnis.

 

  1. Cara penanggulangan dari dampak krisis ekonomi
  2. Meningkatkan penggunaan produk dalam negeri
  3. Memanfaatkan peluang perdagangan internasional
  4. Menyatukan langkah strategis pemerintah dengan bank Indonesia
  5. Menghindari non politik partisan untuk menghadapi krisis

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB III

PENUTUP

Kesimpulan

Krisis ekonomi global merupakan peristiwa dimana seluruh sector ekonomi pasar dunia mengalami keruntuhan dan mempengaruhi sector lainnya di seluruh dunia.Krisis ekonomi global terjadi karena permasalahan ekonomi pasar di seluruh dunia yang tidak dapat dielakan karena kebangkrutan maupun adanya situasi ekonomi yang carut marut.

Sector yang terkena imbas krisis ekonomi global adalah seluruh sector bidang kehidupan. Namun yang paling tampak gejalanya adalah sector bidang ekonomi dari yang terkecil sampai dengan yang terbesar.Cara mengatasi permasalahan krisis ekonomi bagi masyarakat adalah lebih selektif dalam memenuhi kebutuhan dan bersifat kooperatif bersama pemerintahan dan sebaliknya dari pemerintahan untuh lebih sigap dalam situasi masyarakat.

 

Saran

Kepada masyarakat untuk tetap bersabar terhadap situasi permasalahan kita ini dan mempercayakan segala sesuatu kepada pemerintah. Dan di mulai dari pribadi dan diri sendiri. Dan kepada pemeritah harussegera cepat-cepat mengambil tindakan supaya krisis ekonomi tersebut dapat terselesaikan dengan cepat sepaya masyarakat berkehidupan sejahtera.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

http://www.opensubscriber.com/message/motivasi@yahoogroups.com/10510614.html

http://kompas.co.id/read/xml/2008/10/02/23553141/kekhawatiran.krisis.ekonomi.global.benamk      an.saham.dunia

http://borneo-tribune.net/2008/11/01/dampak-krisis-ekonomi-globa-sawit-aman-karet-tak-aman/

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*