Rasa Kebas Adalah Tanda Penyakit yang Perlu Diwaspadai

Rasa kebas adalah kondisi ketika anggota badan tertentu menjadi kaku karena terlalu lama melakukan suatu aktivitas secara berulang. Rasa kebas ini biasanya dirasakan oleh para pekerja yang melakukan suatu aktivitas pekerjaan yang sama secara berulang. Salah satu contohnya adalah para pekerja kantoran yang sering menggunakan keyboard komputer dalam selama bekerja di setiap harinya. Akibat terlalu lama mengetik di keyboard komputer membuat para pekerja kantoran lebih berisiko merasakan kebas saat bekerja. Kebas merupakan respon dari saraf karena adanya gangguan tertentu.

Baca juga artikel lain di : http://renaoktriyani.blog.institutpendidikan.ac.id/

Setiap tubuh manusia memiliki jaringan saraf yang cukup rumit. Setiap saraf yang ada pada tubuh manusia memiliki tugasnya masing-masing. Salah satu diantara banyaknya saraf adalah saraf yang berfungsi dalam mengatur indera perasa. Saraf indera perasa tentu memiliki peran yang sangat besar dalam keseharian tiap manusia.

Tanpa adanya indera perasa tentu manusia tidak bisa merasakan sentuhan saat memegang sesuatu. Oleh karena itu, saraf indera perasa dan saraf lainnya harus dijaga agar tetap mampu menjalankan fungsinya dengan baik. Jika terdapat gangguan pada saraf, hal ini akan menyebabkan munculnya rasa kebas pada tangan maupun anggota tubuh yang lain.

Gangguan saraf yang menyebabkan rasa kebas ini pada umumnya diderita oleh orang-orang yang telah berusia 35 tahun ke atas. Namun, bukan tidak mungkin orang-orang juga dapat merasakan gangguan saraf ini meskipun masih belum berusia di atas 35 tahun. Pada umumnya, rasa kebas pada tangan disebabkan karena adanya gangguan pada bagian saraf tepi.

Hal ini terjadi terutama pada seseorang yang dalam sehari mengetik terlalu lama. Saraf terjepit yang terjadi karena pengapuran tulang belakang dan saraf robek/putus karena sebuah kecelakaan juga bisa menjadi penyebab rasa kebas. Penyebab rasa kebas selanjutnya adalah adanya gangguan pada pembuluh darah bagi orang yang menderita diabetes, kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, asam urat, sering mengonsumsi minuman beralkohol dan obat-obat terlarang.

Secara umum, rasa kebas memang disebabkan karena beberapa hal yang disebutkan di atas. Tetapi, rasa kebas atau kesemutan juga bisa menjadi tanda seseorang menderita penyakit tertentu. Berikut adalah beberapa penyakit yang ditandai dengan seringnya merasakan kebas atau kesemutan :

  1. Fibromyalgia

Nama penyakit ini mungkin masih terdengar asing di telinga kita. Tetapi, jutaan orang di Inggris ternyata mengalami penyakit ini. Fibromyalgia merupakan suatu kondisi seseorang yang terlalu peka terhadap beberapa hal tertentu. Misalnya saat seseorang terlalu peka terhadap kebisingan, cahaya dan rasa sakit. Orang-orang yang mengalami masalah ini biasanya berusia di atas 40 tahun. Seseorang yang mengalami masalah ini biasanya ditandai dengan gejala umum seperti kesemutan. Jika kesemutan tersebut berkembang menjadi nyeri berlebihan, kelelahan dan kehilangan memori, disarankan untuk segera menemui dokter.

  1. Carpal Tunnel Syndrome

Di bagian ini saraf median diperas saat melewati pergelangan tangan. Masalah ini lebih mempengaruhi perempuan dibanding laki-laki dan menyebabkan timbulnya rasa sakit dan mati rasa pada tangan. Hal ini bisa terjadi pada seseorang yang terlalu lama melakukan aktivitas baik hobi atau pekerjaan  yang berulang dan menyebabkan banyak tekanan pada saraf. Misalnya adalah penggunaan keyboard untuk mengetik secara berlebihan dapat meningkatkan risiko penyakit ini. Solusi yang bisa ditawarkan oleh dokter adalah dengan menyuntikkan steroid pada penderitanya. Bisa juga dengan melakukan pembedahan atau mendapat pengobatan lebih lanjut ke fisioterapis.

  1. Multi Sclerosis

Multi sclerosis adalah suatu tanda seseorang yang mengalami gangguan pada tulang belakang. Gejala awal yang biasa dirasakan adalah adanya gangguan pada lengan, kaki, atau wajah. Bisa juga dengan timbulnya rasa kesemutan atau sensasi terbakar. Hal ini dapat terjadi karena adanya beberapa saraf idak mentransmisi sinyal dengan benar.

  1. Diabetes

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang mematikan. Seseorang yang menderita diabetes akan menyebabkan kerusakan pada sarafnya. Rasa yang timbul adalah seperti tertusuk jarum, terutama pada kaki dan merupakan tanda diabetes tipe 2. Gejala lain yang bisa dirasakan adalah rasa haus yang berlebihan, kelelahan dan penglihatan kabur.

  1. Neuropati Perifer

Neuropati Perifer merupakan penyakit yang disebabkan oleh obat-obatan atau racun. Seseorang yang menderita kanker bisa merasakan penyakit ini setelah menjalani kemoterapi. Penderita harus menahan gangguan ini sampai proses pengobatan usai. Hal ini karena tidak ada pengobatan yang efektif untuk menghilangkan gangguan ini.

Untuk menghindari risiko penyakit-penyakit di atas, sebaiknya seseorang yang sering merasakan kebas atau kesemutan segera mengatasinya. Cara yang disarankan adalah dengan mengonsumsi Neurobion. Neurobion merupakan suplemen vitamin neurotropik yang berguna untuk mengatasi gangguan saraf dan segala gangguan pada fungsi metabolik yang disebabkan karena kurangnya vitamin B kompleks. Seseorang yang mengalami gangguan seperti kesemutan, kebas dan rasa pegal pada otot yang berlangsung lama dapat diredakan dengan Neurobion.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*