Sistem Manajemen Gudang yang Baik dan Sederhana untuk Panduan Pemula

Sistem Manajemen Gudang yang Baik dan Sederhana untuk Panduan Pemula – Gudang sengaja dirancang untuk membantu memenuhi target tingkat pelayanan yang baik dengan total pembiayaan paling rendah. Selain itu, gudang juga bisa menjadi sebuah sistem logistik dari sebuah perusahaan yang memiliki fungsi menyimpan produk dan menyediakan informasi mengenai kondisi produk. Sehingga semua bisa sesuai dengan jadwal produksi.

sistem manajemen gudang yang baik
sistem manajemen gudang yang baik

Manfaat manajemen ini yakni dapat mengatur sistem logistik gudang dan peralatan serta penataan, menyediakan data dan informasi yang akurat, aktual, dan akuntabel, kemudahan akses dalam pengendalian dan pengawasan, serta menertibkan proses administrasi.

Ada beberapa tips khusus yang harus Anda perhatikan agar manajemen barang di gudang ini dapat dilakukan dengan mudah seperti berikut:

Memiliki Gudang Penyimpanan

Jika Anda ingin mengatur serta mengelola stok barang di dalam gudang maka pastikan Anda sudah menyiapkan tempat khusus untuk menyimpan stok tersebut. Hal ini harus disiapkan dengan baik meski bisnis Anda belum cukup besar. Jika memang belum memenuhi kebutuhan logistik, maka Anda bisa menggunakan etalase dan memanfaatkan kardus untuk menyimpan persediaan barang.

Mempersiapkan Data Seakurat Mungkin

Hal lain yang bisa dilakukan sebagai sistem manajemen gudang yang baik yakni mempersiapkan data. Saat Anda ingin mulai mengelola stok barang, pastikan sudah menugaskan orang khusus sebagai pencatat stok yang masuk maupun keluar. Selain itu, ia juga bisa dibantu dengan program pendukung agar pencatatan yang dihasilkan lebih akurat.

Anda juga bisa menerapkan sistem pre-order seperti perusahaan lainnya. Anda juga harus melakukan konsultasi lebih dalam dengan tim pemasaran saat akan menentukan angka persediaan stok Anda.

Membuat Forecast Persediaan

Setelah memperoleh data input dan output, maka sistem manajemen gudang yang baik selanjutnya yakni membuat forecast atau perkiraan persediaan barang berupa jumlah persediaan yang dibutuhkan pada periode saat ini. Anda harus menentukan jumlah barang setiap jenisnya. Hal ini akan menjadi lebih mudah jika bisnis Anda dibantu dengan sistem penjualan dan inventaris yang terstruktur.

Memberikan Kode di Setiap Barang Anda

Memberikan kode pada setiap barang juga merupakan sistem manajemen gudang yang baik. Anda dan pelanggan tidak akan bingung saat transaksi terjadi. Misalnya jika ada pembeli baju dengan kode KD warna biru, maka Anda sebagai penjual bisa secara langsung mengerti barang yang diinginkan sang pembeli tersebut.

Jika barang-barang Anda tidak diberikan kode, maka transaksi yang akan dilaksanakan pun terasa lebih sulit dan dapat mengurangi citra perusahaan Anda di mata pelanggan. Selain itu, kode juga akan membantu Anda ketika menata barang di gudang milik Anda.

Pisahkan Stok Baru dan juga Stok Lama

Stok barang yang baru dan lama sebaiknya tidak dicampur agar Anda tidak bingung saat melakukan pencatatan maupun pengecekan. Saat ada barang tertentu yang diinginkan, maka Anda akan mudah menemukan berapa jumlah stok lama yang terjual dan belum terjual. Anda juga bisa menyediakan satu tempat khusus untuk stok baru Anda.

Lakukan Pengecekan Sebelum Barang Disimpan

Pengecekan ini juga bisa membantu Anda barang mana yang cacat, salah produksi, dan kesalahan lainnya sebelum Anda memutuskan untuk menyimpannya. Khusus untuk barang-barang yang cacat, Anda bisa mengumpulkannya ke dalam satu tempat lain dan jangan lupa pula untuk memberikan tanda atau catatan kecil mengenai keterangan cacat pada bagian mana atau lainnya.

Khusus bagi Anda yang merupakan penjual reseller, Anda bisa mengembalikan barang tersebut kepada supplier atau pemasok Anda. Namun, jika Anda memproduksi barang dagangan Anda sendiri, sebaiknya Anda tidak menjual barang dalam kondisi cacat.

Sistem manajemen gudang logistik yang baik ini sangat penting meski bisnis Anda belum begitu besar. Anda bisa belajar mengelola dalam skala kecil terlebih dulu. Sehingga jika bisnis Anda sudah besar maka Anda tidak mengalami kesulitan lagi dalam menjalankannya.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*