Mengenal Apa Itu Laporan Keuangan dan Jenisnya

Laporan keuangan memiliki peran sentral dalam menentukan langkah perusahaan. Ini menjadi pertimbangan yang penting utamanya karena ia terkait dengan masalah keuangan. Jadi tak ada salahnya untuk mengenal apa itu laporan keuangan agar nantinya dapat memahami tentang kondisi keuangan perusahaan.

mengenal apa itu laporan keuangan
mengenal apa itu laporan keuangan

Baca juga artikel lain di : http://renaoktriyani.blog.institutpendidikan.ac.id/

Ada beragam jenis laporan yang masuk kategori laporan keuangan. Lebih lanjut mengenai hal tersebut akan di jelaskan di sini. Namun, sebelum mengenal tentang jenis laporan keuangan baiknya mengenal dahulu tentang apa itu laporan keuangan.

Sekilas Mengenal Apa Itu Laporan Keuangan

Mengenal tentang laporan keuangan menjadi langkah awal yang harus dilakukan sebelum mulai membahas jenis-jenis laporan keuangan. Definisi laporan keuangan sendiri adalah catatan yang berisi informasi tentang keuangan perusahaan dalam waktu akuntansi tertentu.

Baca : siklus akuntansi perusahaan dagang

Laporan keuangan menjadi salah satu cara untuk menggambarkan bagaimana kondisi keuangan serta kinerja perusahaan secara umum. Selain itu banyak yang menggambarkannya sebagai catatan informasi keuangan yang dibuat oleh perusahaan untuk menjadi evaluasi kerja bagi perusahaan.

Memang laporan keuangan menjadi salah satu faktor pertimbangan dalam penentuan sebuah kebijakan ekonomi perusahaan. Namun, memang tidak semua informasi yang diperlukan untuk pengambilan kebijakan tersebut ada di laporan keuangan.

Pasalnya isi dari laporan keuangan merupakan gambaran umum. Jadi informasi selain informasi keuangan yang mungkin berpengaruh terhadap pengambilan kebijakan tidak terdapat di sini.

Ragam Jenis Laporan Keuangan

Setelah mengenal apa itu laporan keuangan sekarang saatnya memahami tentang ragam jenis laporan keuangan. Ada beberapa laporan yang masuk ke dalam laporan keuangan. Inilah beberapa daftarnya.

1.  Neraca

Untuk laporan pertama yang masuk dalam laporan keuangan adalah laporan neraca. Ini merupakan laporan yang berisi posisi tiga komponen, yaitu aktiva, hutang serta modal dalam waktu tertentu.

Biasanya ada dua bentuk neraca. Untuk bentuk yang pertama adalah Skontro atau horizontal lalu selanjutnya ada juga stafel atau bentuk vertikal. Tak hanya bentuk neraca yang berpengaruh, namun tiga komponen di atas juga memiliki pengaruh besar terhadap neraca.

2.  Laporan Perubahan Modal

Selanjunta ada laporan perubahan modal. Untuk laporan yang satu ini berisi tentang informasi perubahan pada modal yang terjadi dalam satu waktu tertentu.

Ini menjadi salah satu cara untuk mengetahui besaran perubahan modal yag terjadi. Selain itu penyebab dari terjadinya perubahaan modal juga dapat dilihat di sini.

3.  Laporan Arus Kas

Kas menjadi salah satu komponen penting dalam perusahaan. Adanya arus kas yang baik tentu akan berpengaruh pada kondisi perusahaan. Untuk itu kehadiran laporan arus kas menjadi sesuatu yang penting.

Melalui laporan arus kas ini informasi seputar perputaran arus dapat diketahui. Jadi dapat dilihat bagaimana kondisi arus kas keluar serta arus kas masuk. Ada beberapa sumber yang dapat dijadikan dasar untuk pembuatan arus kas.

Untuk arus kas masuk misalnya, hal ini dapat dilihat dari hasil keuntungan kegiatan yang dilakukan perusahaan. Tak hanya itu kas yang asalnya dari pendanaan juga termasuk dalam arus kas ini. Kemudian ada arus kas keluar yang meliputi biaya untuk berbagai kegiatan, investasi serta beragam hal lainnya.

4.  Laporan Laba Rugi

Laporan yang satu ini akan membantu untuk mengetahui kondisi perusahaan. Jadi dari sana dapat dilihat apakah perusahaan mengalami kerugian atau justru sebaliknya.

Ada dua cara yang dapat dilakukan untuk membuat laporan ini. Untuk cara yang pertama adalah single step lalu dapat juga disusun dengan multiple step. Keduanya dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan dan yang dirasa paling menguasainya.

Mengenal apa itu laporan keuangan serta ragam jenis laporan keuangan tentu akan menambah pengetahuan baru. Jadi sudah siap untuk membuat laporan keuangan?

Meta deskripsi : Lebih jauh mengenal apa itu laporan keuangan dan juga jenis-jenis yang dimiliki oleh laporan keuangan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*