Tips Lulus Ujian TOEFL dengan Skor Memuaskan

Tips Lulus Ujian TOEFL dengan Skor Memuaskan – TOEFL merupakan salah satu tes bahasa Inggris yang harus diikuti seseorang jika ingin masuk ke sekolah di luar negeri, lulus dari kampus pada jurusan tertentu atau mendapat kenaikan pangkat pada jenjang karir. Tidak jarang, banyak orang yang kelimpungan hanya dengan memikirkan kemungkinan soal yang akan muncul di tes tersebut.

ujian TOEFL
ujian TOEFL

Baca juga artikel lain di : https://renaoktriyani.blog.institutpendidikan.ac.id/

Hal semacam itu terjadi biasanya karena belum adanya persiapan yang matang atau merasa kurang percaya diri dengan kemampuan yang dimiliki. Sebelum membahas apa saja tips yang bisa dilakukan supaya memperoleh skor tinggi dalam TOEFL, ada baiknya kamu tahu terlebih dahulu apa saja yang diujikan dalam tes tersebut. Dalam tes ini, ada empat kemampuan dasar berbahasa yang akan diujikan.

Kemampuan pertama yang diuji adalah listening atau mendengarkan. Pada bagian ini peserta tes diuji kemampuannya memahami teks berbahasa Inggris yang diucapkan secara lisan. Kedua adalah diuji kemampuannya dalam memahami struktur dan ungkapan dalam bentuk tulisan. Ketiga kemampuan memahami bacaan (reading) dan terakhir tentu saja menulis. Supaya lulus di ujian TOEFL, ikuti tips berikut ini.

Ketahui Semua Hal yang Berkaitan dengan TOEFL

Selain keempat materi uji di atas, ada hal-hal lain tentang TOEFL yang perlu diketahui. Misalnya, jenis tes TOEFL apa yang akan diikuti, IBT atau ITP karena masing-masing tes memiliki kriteria, persyaratan dan penilaian yang berbeda. Meskipun hal ini lebih bersifat teknis tapi jika kamu tidak mengetahuinya maka akan merepotkan ketika tengah melaksanakan tes.

Ketahui Kelebihan dan Kelemahanmu

Seperti halnya dalam semua bidang pengetahuan, dalam berbahasa pun, seseorang terkadang memiliki sisi yang lebih unggul dan sisi yang memerlukan peningkatan. Bisa jadi seseorang lebih menguasai listening tapi kurang memahami apabila disuguhi soal ujian TOEFL berbentuk teks atau ilmu struktur. Atau bisa juga seseorang sangat mahir mengerjakan soal tertulis tapi jika disuguhi listening, perlu pemikiran lebih.

Untuk mengetahui keunggulan dan kelemahan ini bisa dengan cara mengikuti pretest yang diadakan lembaga atau kampus. Bisa juga dengan cara mengerjakan soal-soal pada buku persiapan TOEFL yang tersebar di pasaran atau pada situs yang membagikan dan mengadakan tes secara online.

Temukan contoh-contoh soal TOEFL di: http://pustakabahasainggris.com

Buat Rencana Belajar

Setelah mengetahui keunggulan dan kelemahan dalam berbahasa Inggris, kamu bisa mulai menyusun rencana belajar. Sesuaikan dengan skor yang ingin dicapai. Utamakan mempelajari materi-materi ujian TOEFL yang belum dikuasai. Tentukan waktu belajar untuk masing-masing keahlian berbahasa, jangan sampai komponen lainnya terabaikan. Kumpulkan seluruh materi yang dibutuhkan, baik dari buku maupun media lain yang bisa diakses melalui internet.

Untuk meningkatkan kemampuan mendengar, sarana seperti film dan lagu bisa menjadi pilihan membiasakan diri dengan pelafalan kata-kata berbahasa Inggris. Biasakan juga membaca buku berbahasa Inggris untuk meningkatkan kemampuan memahami bacaan. Tentu saja semua hal tersebut harus dibarengi dengan latihan tiada henti.

Kerjakan dengan Hati-hati dan Seksama

Jika semua persiapan menuju ujian TOEFL sudah dilaksanakan dengan baik, yang perlu kamu lakukan adalah mengerjakannya sebaik mungkin. Dengarkan soal listening dengan seksama. Saat mengerjakan bagian reading dengan teks yang panjang, ada baiknya membaca soalnya terlebih dahulu sehingga kamu bisa menyingkat waktu untuk mencari bagian teks mana yang diperlukan.

Jangan takut salah atau terpaku pada satu soal yang tidak bisa dikerjakan karena itu hanya akan membuang-buang waktu. Untuk lulus TOEFL tidak diperlukan nilai sempurna. Jadi jika ada kesalahan jadikan saja pelajaran.

Dengan semua tips yang disajikan di atas, kamu akan siap mengerjakan ujian TOEFL dan mendapatkan hasil tes yang memuaskan. Barengi pelaksanaan tips di atas dengan menjaga kesehatan. Jangan sampai waktu belajar menguras energi dan demi mendapatkan nilai yang diinginkan merusak tubuhmu sendiri.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*