Cara Mengemas Barang Ekspedisi Surabaya Samarinda Supaya Aman Sampai Tujuan

Cara Mengemas Barang Ekspedisi Surabaya Samarinda Supaya Aman Sampai Tujuan – Mengirim barang antar daerah baik dekat maupun jauh, besar atau pun kecil, perlu dikemas dengan baik. pengemasan yang tepat perlu dilakukan supaya barang tetap utuh dan aman hingga sampai tujuan.

ekspedisi Surabaya Samarinda
ekspedisi Surabaya Samarinda

Baca juga artikel lain di : https://renaoktriyani.blog.institutpendidikan.ac.id/

Beda barang yang dikirim, beda juga cara mengemasnya. Terlebih jika barang yang dikirim merupakan barang pecah belah, barang berharga dan benda cair. Ada peraturan tertentu yang harus dipatuhi dan surat-surat resmi yang harus dilengkapi. Apalagi barang yang akan dikirim dari Surabaya ke Samarinda. Dengan jarak tempuh yang jauh, berbagai masalah bisa saja terjadi.

Supaya barang yang dikirim melalui ekspedisi Surabaya Samarinda tetap aman sampai tujuan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Mulai dari penentuan jenis barang yang akan dikirim, pemilihan kemasan dan cara mengemas barang yang baik dan benar. Berikut tahapan-tahapannya.

Jenis Barang yang Akan Dikirim

Dalam dunia ekspedisi, berbagai jenis barang memang bisa dikirimkan. Dengan catatan barang tersebut memiliki surat-surat resmi dan sesuai dengan peraturan atau regulasi jasa ekspedisi yang dipilih. Sebelum dikemas dan dikirim ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Yang pertama, hitung berat barang yang akan dikirim lewat ekspedisi Surabaya Samarinda. Hal ini dilakukan untuk menyesuaikan ketahan dari kemasan yang digunakan. Karena setiap jenis kemasan memiliki batas maksimal menahan beban suatu barang. Semakin berat barang maka kemasan yang dipilih pun harus semakin kuat.

Yang kedua, hitung harga barang dan harga kemasan. Jangan sampai harga pengemasan lebih mahal dari pada pada harga barang yang dikemas. Bagi orang yang melakukan bisnis, hal ini akan membawa kerugian. Yang ketiga, peraturan pengemasan. Pastikan kemasan yang digunakan sesuai dengan peraturan supaya barang bisa dikirim.

Yang terakhir adalah perhatikan fragility atau kerapuhan barang yang akan dikirim. Jika barang yang dikirim melalui ekspedisi Surabaya Samarinda merupakan benda pecah belah maka kemasan yang dipilih harus mampu menahan setiap benturan yang terjadi. Jika barang itu memuat cairan, pastikan kemasannya mampu menahan cairan tetap berada pada tempatnya.

Jenis Kemasan untuk Pengepakan Barang

Ada berbagai jenis kemasan yang bisa digunakan untuk mengepak barang yang akan dikirim ke luar kota atau ke luar pulau. Salah satu yang paling umum digunakan adalah bubble wrap. Jenis kemasan ini digunakan untuk melapis barang pecah belah. Selain itu, untuk kemasan tambahan, barang pecah belah juga di-packing menggunakan busa dan kayu. Jangan lupa juga pasang tanda fragile supaya petugas lebih berhati-hati.

Untuk mengirim benda cair melalui ekspedisi Surabaya Samarinda, kemas barang tersebut dengan kertas koran atau kertas pembungkus. Kemudian kemasan luarnya di-packing menggunakan kayu untuk menghindari tekanan yang mengakibatkan kebocoran. Pasang juga tanda atau keterangan barang yang dikirim merupakan cairan.

Untuk barang bubuk semacam tepung, usahakan menggunakan kemasan plastik terlebih dahulu untuk menghindari kebocoran dan terkena bahan cair. Bagian luarnya bisa dikemas lagi menggunakan kardus dan karung sehingga mudah dibawa dan dipindahkan.

Cara Mengemas Barang yang Baik dan Benar

Untuk mengirimkan barang melalui ekspedisi Surabaya Samarinda, cara pengemasan yang pertama adalah merapatkan isi barang. Usahakan jangan sampai ada ruang kosong di dalam pengemasan barang supaya barang yang dikirim tidak bergerak-gerak sehingga merusak. Untuk barang pecah belah, beri jarak antar barang menggunakan kardus atau busa supaya terhindar dari benturan.

Sebagai perlindungan terakhir ketika mengemas, gunakan lakban. Lakban ini berfungsi untuk menahan kemasan supaya tidak mudah terbuka. Lakban yang digunakan pun jangan lakban bening yang rapuh dan mudah sobek. Tapi gunakan lakban plastik coklat, vinyl atau pun ducktape. Ketiga jenis lakban ini lebih kuat dan tahan banting.

Jika barang dikemas dengan rapi dan baik, kemungkinan kerusakan terjadi selama perjalanan akan berkurang. Apalagi perjalanan ekspedisi Surabaya Samarinda yang berjarak ribuan kilometer, pengemasan yang tepat menjadi salah satu kunci barang sampai di tempat tujuan dengan selamat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*