Inilah Jenis Kubah Masjid dan Perbedaan Harga Kubah Masjid

Inilah jenis kubah masjid dan perbedaan harga kubah masjid. Kubah, bagi sebuah masjid memiliki peranan yang penting khususnya di bulan Ramadhan ini. Kubah bisa diartikan sebagai perwakilan keseluruhan isi dari sebuah masjid.

Harga Kubah Masjid
Harga Kubah Masjid

Baca juga artikel lain di : https://renaoktriyani.blog.institutpendidikan.ac.id/

Maksudnya, bila dari kubahnya saja sudah bagus dan menarik, maka orang akan antusias untuk beribadah di masjid tersebut. Karena, mereka menilai bahwa interior masjid pun pasti akan bagus juga karena kubahnya saja sudah mempesona.

Selain itu, kubah juga bisa menjadi tanda bagi orang-orang yang sedang safar. Mereka akan tahu bahwa di daerah itu terdapat masjid, meski masih jauh jaraknya. Hal tersebut dikarenakan kubah yang menjulang tinggi sehingga tampak oleh orang-orang.

Apakah masjid di tempat Anda sedang dalam pembangunan dan butuh kubah supaya bisa segera digunakan untuk shalat Id nanti? Ketahui dulu harga kubah masjid dan jenis kubah terbaik berikut ini!

Kubah Berbahan GRC

Jenis dari kubah yang pertama adalah kubah yang berbahan GRC. GRC yaitu Glassfiber Reinforced Cement, merupakan bahan kubah yang sangat kuat. Bahan ini bisa tahan air bahkan tahan api. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan menggunakan kubah GRC ini.

Hal-hal tersebut seperti pondasi yang kokoh dan kuat, dan perancangan konstruksi yang harus benar-benar siap karena tidak mudah. Selain itu, risiko dari kubah ini adalah bisa retak jika terjadi bencana seperti gempa bumi.

Jika bocor pun, penambalannya akan cenderung lebih sulit. Harga kubah masjid GRC pun biasanya cenderung lebih mahal dibanding kubah yang lain. Biasanya, kubah ini dibanderol dengan harga di atas satu jutaan, tergantung motif dan ukuran.

Namun begitu, kelebihan kubah yang satu ini adalah kekokohan dan kekuatannya. Hal tersebut tidak akan menyebabkan kebocoran meski terus diguyur hujan. Selain itu, cat dan warnanya yang beragam juga akan membuat nilai estetika dari kubah ini bertambah. Kubah GRC pasti akan menarik minat masyarakat untuk menunaikan berbagai ibadah di bulan Ramadhan ini di masjid tersebut.

Kubah Berbahan Baja

Kubah masjid berikutnya adalah kubah dengan bahan baja. Biasanya, baja yang digunakan yakni enamel dan galvalum. Kubah dengan bahan baja ini punya volume yang lebih ringan dari kubah GRC. Kubah jenis ini juga memiliki beberapa kelebihan, seperti proses konstruksi yang lebih mudah, pondasi yang dibutuhkan tidak terlalu kuat, risiko kerusakan karena bencana juga bisa diminimalisir.

Harga kubah masjid yang satu ini juga relatif lebih murah dibanding kubah dengan bahan GRC. Biasanya, kubah jenis baja seperti stainless steel ini dibanderol dengan harga mulai ratusan ribu rupiah saja.

Selain dari bahan, harga untuk sebuah kubah juga dipengaruhi oleh hal-hal lainnya. Misalnya saja seperti kerumitan desainnya, besar kecilnya ukuran kubah, warna, serta susah atau tidaknya pemasangan. Sekarang ini, di Indonesia sudah banyak sekali penjualan sekaligus jasa pemasangan kubah. Anda hanya perlu memilih yang benar-benar terpercaya dan berkualitas.

Bentuk kubah masjid juga menjadi tolak ukur semakin mahal atau tidaknya harga kubah. Bentuk dari kubah pun bermacam-macam, seperti bentuk bawang, umbi, oval, parabola, biara, dan lain sebagainya. Semakin unik dan menarik bentuknya, maka kemungkinan harga kubah tersebut akan semakin mahal.

Itu dia beberapa jenis kubah dan harga kubah masjid. Pastikan Anda memilih kubah yang pas sehingga masjid menjadi semakin menarik minat masyarakat untuk giat beribadah di bulan Ramadhan ini. Semoga bermanfaat!

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*