Langkah Mudah Pasang Iklan Google untuk Meningkatkan Keuntungan

Langkah Mudah Pasang Iklan Google untuk Meningkatkan Keuntungan – Membuat iklan untuk memasarkan barang atau jasa merupakan suatu keharusan jika ingin mendapatkan keuntungan. Untuk mendapatkan keuntungan sesuai yang diharapkan, iklan yang dibuat haruslah efektif sesuai sasaran. Iklan yang sesuai akan mendatangkan keuntungan yang lebih cepat pula.

pasang iklan Google
pasang iklan Google

Baca juga artikel lain di : https://renaoktriyani.blog.institutpendidikan.ac.id/

Untuk mendapatkan pelanggan dengan jangkauan yang lebih luas, memasang iklan di internet adalah solusi yang tepat. Salah satu tempat beriklan yang menjanjikan adalah dengan beriklan di Google. Sebagai salah satu mesin pencarian yang paling banyak digunakan, Google memberikan sarana beriklan bernama Google Ads.

Iklan yang dipasang di Google tidak sembarang pasang saja. Ada tahapan dan cara tertentu supaya iklan yang dibuat mampu memberikan keuntungan sesuai yang diharapkan. Iklannya pun bisa dibuat dan dikelola sendiri dengan biaya yang bisa dikontrol sesuai kemampuan bayar. Untuk mengetahui cara pasang iklan Google, ikuti tahapan berikut ini.

Buat Akun Google Ads

Sebelum membuat iklan, terlebih dahulu harus mempunyai akun di Google. Sekali pun sudah memiliki satu akun pribadi di Google, ada baiknya membuat akun baru yang khusus digunakan untuk bisnis yang dijalankan. Hal ini dimaksudkan untuk mempermudah dalam pengelolaan sehingga tidak bercampur dengan berbagai hal lainnya yang tidak berhubungan dengan bisnis.

Setelah memiliki akun khusus untuk bisnis, daftarkan akun tersebut di Google Ads. Isi formulir dengan data-data yang benar. Data-data tersebut di antaranya adalah nama lengkap, alamat rumah dan email, nomor telepon dan lain sebagainya. Setelah semua data terisi dengan baik dan benar, lakukan verifikasi akun supaya akun bisa digunakan untuk pasang iklan Google.

Pilih Metode Pembayaran

Setelah akun Google Ads berhasil didaftarkan dan terverifikasi, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah mengisi formulir pembayaran. Di sini, pengiklan bisa memilih metode pembayaran atau billing. Ada dua cara yang bisa dipilih, otomotis dan manual. Pembayaran pun bisa dilakukan dengan kartu kredit atau pun transfer dana melalui ATM, internet banking atau teller bank.

Dalam pembayaran otomatis, setelah pasang iklan Google berhasil dibuat akan langsung berjalan dan pembayaran biasanya akan ditagih setelah masa tayang tertentu. Dalam pembayaran manual, pengiklan harus terlebih dahulu melakukan deposit dana. Biaya akan terpotong setiap iklan ada yang mengklik. Jika deposit habis, iklan pun berhenti.

Buat Kampanye Iklan

Setelah kedua formulir persyaratan di atas terisi dengan benar, iklan pun siap dibuat. Untuk membuat kampanye iklan pertama biasanya melalui Kampanye Search yang menayangkan iklan teks yang akan muncul pada mesin pencarian Google. Untuk membuat iklan ada beberapa hal yang perlu dilakukan.

Langkah pasang iklan Google yang pertama adalah pastikan dulu bahasa yang digunakan sudah sesuai dengan tarket iklan. Pengaturan bahasa ini bisa dilihat dari Preference. Kedua, tentukan anggaran biaya iklan per hari. Ketiga, pilih lokasi penayangan iklan. Disarankan untuk memilih lokasi yang spesifik dan tidak terlalu luas seperti kota-kota besar dan kota-kota di sekitar tempat produk ingin dipasarkan.

Keempat, pilih jaringan. Fokuskan penayangan pada Google Search. Kelima, isi 15-20 kata kunci terkait produk. Keenam, tetapkan biaya per klik (BPK) atau cost per click (CPC) pada bid/tawaran. Langkah terakhir dan paling utama adalah menulis isi iklan teks. Iklan tes harus dibuat sesuai ketentuan dan kebijakan editorial Google supaya tidak ditolak.

Membuat iklan di Google Ads memang cukup mudah. Tapi jika menginginkan pembuatan iklan yang lebih baik, meminta bantuan dari penyedia jasa pembuatan iklan di Google Ads disarankan. Pasang iklan Google pun bisa lebih cepat dan hasilnya akan lebih tersusun rapi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*