Mudah dan Efisien, Ini Dia Cara Menabung Saham yang Bagus

Mudah dan Efisien, Ini Dia Cara Menabung Saham yang Bagus! Tidak banyak orang yang mengetahui cara menabung saham dengan benar. Hal ini dikarenakan oleh pemikiran banyak orang yang mengatakan bahwa hanya orang-orang kaya saja yang melakukannya. Padahal saat ini sudah banyak tersedia perusahaan-perusahaan sekuritas bagi mereka yang ingin menabung saham. Untuk Anda yang ingin tahu perusahaan apa saja, bisa cek di analisafundamental.com ya.

 cara menabung saham
cara menabung saham

Baca juga artikel lain di : https://renaoktriyani.blog.institutpendidikan.ac.id/

Selain hal tersebut, ada beberapa penyebab lain yang membuatnya sepi nasabah. Seperti risiko kerugian yang tinggi. Padahal, selama ini banyak orang awam yang kurang mengetahui bahwa menabung saham belum tentu dengan jumlah yang besar. Kamu bisa memulainya dari yang terkecil dulu. Jika dilihat lagi, sebenarnya keuntungan dari menabung saham ini cukup besar terutama bagi kalangan pemula.

Kemudian, minimnya informasi tentang menabung saham menjadikannya pun kurang populer. Selama ini, orang hanya diajarkan untuk menabung dengan cara biasa, membeli aset berharga, kemudian berinvestasi umum. Padahal, menabung saham juga bisa menjadi pilihan bagus. Berikut tata cara menabung saham bagi pemula yang mudah dan sederhana serta efisien.

Membuka Rekening

Tak ubahnya dengan menabung di bank konvensional. Kamu juga perlu membuka rekening saham terlebih untuk bisa bertransaksi. Nah, untuk membuka rekening ini kamu perlu melalui perusahan-perusahaan sekuritas atau broker. Di Indonesia sendiri sudah cukup banyak broker terpercaya. Untuk menemukan mereka juga cukup gampang, sehingga tak akan menyulitkan.

Cara menabung saham yang pertama ini juga bisa kamu lakukan secara daring, dengan dokumen yang dibutuhkan yaitu KTP atau paspor, NPWP, fotokopi buku tabungan dan kartu keluarga, kemudian kamu juga membutuhkan materai sebesar 6.000

Top Up Dana ke Rekening Saham untuk Mengakses Aplikasi Jual Beli Saham

Membuka rekening saja tidak cukup untuk transaksi jual beli saham. Selanjutnya adalah top up ke rekening yang telah dibuat. Tujuannya tentu untuk mendukung transaksi atau proses pembelian saham. Nah, dana yang terisi tersebut akan digunakan untuk melakukan pembelian saham di Bursa Efek Indonesia atau BEI. Setelah mengisi sejumlah uang ke dalam rekening, kamu akan diberikan ID sebagai akses ke aplikasi jual beli saham yang ada di perangkat pintar milikmu.

Unduh Aplikasi Pembelian Saham

Cara menabung saham selanjutnya adalah mengunduh aplikasi pembelian saham yang dimiliki oleh perusahaan sekuritas tempatmu membuka rekening. Biasanya, aplikasi tersebut kompatibel untuk ponsel pintar atau komputer. Tergantung seleramu untuk menggunakan ponsel atau PC.

Cara Membeli Saham

Nah, sudah deh menabungnya. Sekarang saatnya untuk membeli saham, bagaimana caranya? Mudah kok, sama saja dengan menabung saham. Nggak ribet. Kamu cukup menentukan untuk membeli saham incaranmu dan klik buy. Untuk memprosesnya, untuk pembeliannya sendiri minimal 1 lot atau 100 lembar.

Adapun perlu kamu perhatikan selain cara menabung saham, kamu juga perlu memperhatikan waktu transaksi jual beli saham. Jadi, nggak bisa sembarangan. Layaknya pasar konvensional, mereka juga memiliki jam buka dan jam tutup. Biasanya nih, untuk hari Senin sampai Jumat pasar bursa saham ini buka dari pukul 09.00 sampai 12.00 dan 13.30 sampai dengan 16.15.

Setelah mengetahui cara menabung saham ada baiknya kamu untuk mengetahui keuntungan dan risiko dari bermain saham. Sehingga apa yang kamu kerjakan, kamu sudah benar-benar tahu betul manfaat dan kerugiannya untuk diri sendiri. Nah, saat kamu memutuskan untuk terjun, maka dua keuntungan yang kamu dapatkan yaitu dividen dan capital gain. Semoga bermanfaat!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*