Terkenal Dengan Sebutan Timun Jepang, Manfaat Kyuri Memang Sangat Berkhasiat

Terkenal Dengan Sebutan Timun Jepang, Manfaat Kyuri Memang Sangat Berkhasiat. Tidak salah jika ada yang mengatakan bahwa buah dan sayur merupakan obat yang paling enak. Memang benar bahwa mencegah itu lebih baik dari pada mengobati. Kamu harus percaya itu. Banyak orang yang ketika sakit baru akan menyadari tentang arti dari kesehatan. Pastikan kamu bukan salah satu dari mereka.

Manfaat Kyuri
Manfaat Kyuri

Baca juga artikel lain di : https://renaoktriyani.blog.institutpendidikan.ac.id

Daripada merasakan pahitnya minum obat, ada baiknya kamu mulai menggunakan apa yang dihasilkan oleh alam. Seperti buah-buahan dan aneka sayuran. Dalam satu buah-buahan terdapat banyak sekali vitamin. Dan ini tentu akan menjadi manfaat pada tubuh. Baik untuk yang sakit dan juga yang sehat.

Apakah kamu salah satu yang gemar memakan buah timun? Timun biasanya dikenal sebagai buah sekaligus sayur. Orang Indonesia sering memakannya secara mentah atau di lalap. Ada juga yang mengolahnya menjadi acar mentah maupun acar masak. Keduanya sangat nikmat disantap, bahkan jika tanpa lauk.

Tidak hanya sebagai pendamping makanan, timun Jepang ini juga memiliki khasiat terhadap kesehatan. Kamu harus tahu manfaat kyuri atau timun Jepang ini agar semakin lahap menyantapnya.

Mencegah Dehidrasi

Timun Jepang sama seperti timun yang biasa kita santap pada umumnya. Keduanya memiliki kandungan air yang cukup banyak. Maka tidak heran jika buah atau sayuran ini berkhasiat dalam mencegah dehidrasi.

Membantu Mencerna Protein

Timun yang satu ini disinyalir dapat membantu proses pencernaan protein. Manfaat kyuri yang satu ini disebabkan karena dalam mentimun tersebut mengandung enzim erepzin. Enzim ini memang tugasnya memperlancar proses pencernaan pada protein.

Menjaga Kesehatan Persendian

Selain memiliki enzim yang dapat membantu proses pencernaan protein, ternyata Kyuri juga mengandung silika. Silika ini berfungsi memperkuat jaringan ikat. Jadi, jika kamu memiliki masalah persendian, kamu harus coba makan kyuri.

Manfaat kyuri sebenarnya tidak hanya itu saja. Masih banyak khasiat lainnya dari timun Jepang ini. Di Indonesia sendiri sudah ada. Tapi, mungkin kamu akan sulit membedakannya. Perbedaan antara timun biasa dengan kyuri memang sangat tipis. Secara kasat mata, kamu dapat melihat dari bintik-bintik pada permukaan buah atau sayur tersebut. Timun kyuri memiliki bintik-bintik halus. Sedangkan pada timun biasa tidak.

Perbedaan lainnya yang juga sangat nampak adalah bentuk timun kyuri lebih lonjong. Warna kulitnya terlihat lebih hijau dari pada mentimun biasa. Ia dapat tumbuh menjalar hingga mencapai 2 meter. Kandungan vitaminnya juga terbilang cukup lengkap jika dibandingkan dengan timun biasa.

Lalu dimana bisa mendapatkan timun tersebut? Untuk bisa merasakan manfaat kyuri, kamu tidak perlu ke Jepang. Di Indonesia sendiri, sudah banyak yang melakukan budidaya timun kyuri. Untuk menanamnya tidak sulit. Sama seperti menanam timun biasa.

Setelah mengetahui hal ini, mungkin kamu akan bertanya-tanya. Mungkinkah selama ini kita pernah memakan kyuri dan menganggapnya timun biasa? Dan mungkin saja demikian. Kamu tidak perlu cemas. Pada keduanya terdapat kandungan yang memang sangat berkhasiat. Dan manfaatnya juga nyaris sama.

Dengan beragam manfaat kyuri, mulai saat ini kamu harus lebih banyak mengkonsumsi timun. Terlebih jika kamu memiliki masalah persendian. Selain itu, beberapa orang juga meyakin bahwa timun juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Meski memiliki manfaat yang banyak, namun pada beberapa orang, timun juga dapat mengakibatkan keputihan. Beberapa orang mengaku bahwa ketika memakan timun, mereka akan mengalami keputihan yang cukup banyak. Ini tentu sangat mengganggu.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*