Inilah Teknik Dasar Renang Yang Wajib Diketahui!

Inilah Teknik Dasar Renang Yang Wajib Diketahui! Salah satu cabang olahraga air satu ini tidak hanya untuk sekedar refreshing atau hiburan saja. Melainkan, olahraga renang saat ini sudah dipertandingkan bahkan hingga tingkat dunia. Untuk menguasai keseluruhan gaya renang tentunya tidaklah mudah, beberapa teknik dasar wajib sekali untuk kamu ketahui dan lakukan terlebih dahulu.

Pernafasan

Teknik pertama yang penting sekali untuk diketahui ialah pernafasan. Dalam olahraga renang sendiri pernafasan merupakan hal yang penting. Bahkan, hampir semua cabang olahraga memerlukan penguasaan teknik ini dengan baik. Terlebih lagi kita haruslah terbiasa bergerak di dalam air.

Teknik dasar renang untuk pernafasan ini dapat dilatih dengan cara berdirilah di pinggir kolam yang memiliki bagian rendah. Lalu, tahap berikutnya biarkan wajah tetap berada di atas permukaan air. Tariklah nafas yang panjang melalui mulut dan tahan selama beberapa saat. Setelah itu masukkan kepala ke dalam air dan hembuskan nafas secara perlahan melalui hidung. Lakukan latihan ini setidaknya 10 hingga 15 kali hingga pengaturan irama nafas sudah sesuai.

Meluncur

Teknik berikutnya yang juga wajib untuk diketahui serta dilatih ialah gerakan meluncur. Cara ini dapat dilakukan dengan pertama-tama, posisikan bagian belakang tubuh menghadap ke dinding kolam renang yang cukup dangkal. Setelah itu, tempelkan telapak kaki (salah satunya saja) ke dinding kolam, dengan posisi jari-jari kaki ada di bagian bawah sebagai tolakan.

Jika semua sudah dalam keadaan siap, letakkan kedua tangan sejajar dengan kuping. Lalu, buatlah tolakan menggunakan telapak kaki yang menempel di dinding kolam tersebut. Meluncurlah sejauh mungkin sebisamu, dan posisikan bagian tangan sejajar di depan. Lakukan teknik dasar renang ini selama 10 hingga 15 kali percobaan agar kamu bisa mendapatkan keseimbangan meluncur yang baik. Usahakan selalu saat melakukannya agar kepala masuk hingga ke dalam air sampai bagian kuping dapat sejajar dengan posisi lengan.

Mengapung

Mendengar namanya saja mungkin sebagian orang berfikir bahwa teknik ini sulit untuk dilakukan. Tetapi, jika kita berlatih secara terus-menerus maka gerakan mengapung atau mengambang ini bisa dilakukan. Untuk teknik ini sendiri sebenarnya terdapat dua cara.

  • Mengapung Terlentang

Untuk melakukan tenik dasar renang satu ini, hal pertama yang perlu kamu lakukan ialah memposisikan tubuh dalam keadaan berdiri tegak dengan kepala mendongak ke atas. Posisi kaki menginjak bagian dasar kolam. Pegang bagian tepi kolam, lalu cobalah untuk meluruskan kaki secara perlahan sambil mencoba posisikan tangan hingga lurus dan telinga berada di dalam air. Cobalah menggerakkan kaki dan juga tangan agar tetap mengapung.

  • Mengapung Berdiri

Teknik mengapung berdiri mudah untuk dilakukan. Kamu hanya perlu berdiri di bagian pinggir kolam yang cukup dangkal atau sedang. Lalu, setelah itu cobalah untuk menyelam dengan tangan tetap berpegangan di tepi kolam. Doronglah tubuh agar menjauhi bagian tepi kolam menggunakan dorongan kedua kaki pada sisi dinding kolam. Setelah itu, sejajarkanlah posisi kaki dan juga tangan di permukaan air. Jika kamu berhasil, maka teknik mengapung sudah bisa kamu kuasai.

Beberapa teknik dasar renang ini wajib untuk kamu ketahui dan praktikkan jika hendak mengikuti turnamen atau perlombaan. Lakukanlah latihan secara berkala dengan 10 sampai 15 percobaan. Untuk info selengkapnya, kunjungi https://penjaskes.co.id/.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*