Inilah Kelebihan Investasi Apartemen Yang Jarang Diketahui Orang

Investasi apartemen punya potensi nilainya meningkat seiring waktu dan bisa memberi sumber pendapatan tambahan ketika Anda menyewakannya. Ada sejumlah cara untuk berinvestasi properti. Misalnya, Anda bisa berinvestasi langsung sebagai individu, tapi ini akan punya risiko yang perlu dipertimbangkan.

Investasi apartemen
Investasi apartemen

Investasi apartemen dianggap lebih menjanjikan dibanding investasi dalam bentuk lain seperti deposito. Investasi apartemen punya kelebihan dari segi peminatnya. Permintaan apartemen terus meningkat, salah satunya karena harga rumah tapak yang terus melonjak.

Ada beberapa kelebihan dari investasi apartemen yang bisa Anda nikmati, antara lain:

Apartemen jadi tren tempat tinggal saat ini

Kaum urban punya gaya hidup yang unik, salah satunya dalam hal memilih tempat tinggal. Mereka lebih suka apartemen sebagai tempat tinggal. Ini karena apartemen menawarkan banyak fasilitas untuk memudahkan kehidupan mereka.

Terlebih, semakin banyak apartemen yang dibangun di pusat bisnis yang sangat memudahkan para profesional melakukan aktivitas.

Harga jual apartemen terus meningkat

Nilai jual apartemen selalu mengalami peningkatan, sekitar 5 hingga 10 persen setiap tahun. Jadi misalnya saja, di saat launching pertama apartemen punya harga sekitar 200 juta, dalam waktu beberapa tahun nilainya sudah meningkat menjadi 400 juta. Ini berarti Anda bisa memperoleh keuntungan yang cukup menjanjikan.

Harga sewa yang kompetitif

Apartemen dilengkapi dengan fasilitas komplit serta lokasinya berada di kawasan yang strategis. Dengan begitu harga sewanya ikut menyesuaikan. Harga sewa apartemen pada umumnya lebih tinggi dibanding harga sewa rumah tapak. Sebagai investor apartemen, Anda bisa memperoleh keuntungan yang cukup besar bila nantinya Anda menyewakan unit yang Anda punya.

Jadi tempat tinggal favorit

Apartemen akan menjadi tempat tinggal favorit warga perkotaan. Ini tak lain karena lahan yang semakin terbatas. Akan semakin banyak orang beralih ke hunian vertikal seperti apartemen. Di ibukota, kawasan Jakarta Barat dikenal sebagai gudangnya apartemen favorit seperti apartemen Westmark, Puri Park View, Mediterania Garden Residence, Taman Anggrek Residence, Puri Orchard, Metro Park Residence, dan apartemen lainnya.

Yang harus dipertimbangkan sebelum investasi apartemen

Perhatikan beberapa hal berikut sebelum Anda investasi apartemen:

Bagaimana reputasi pengembangnya?

Mengetahui reputasi pengembang jadi sebuah keharusan. Jangan pernah berkompromi tentang reputasi pengembang. Lihat projek pengembang sebelumya, baca ulasan pelanggan, dan baru lakukan pembelian.

Apa saja fasilitas yang disediakan pengembang?

Sebelum berinvestasi apartemen, buat daftar fasilitas yang pengembang sediakan. Lihat apakah sesuai dengan kebutuhan dan harga yang diminta untuk apartemen tersebut. Sebelum melakukan pembelian, kunjungi apartemen dan periksa apakah fasilitas benar disediakan oleh pengembang atau mereka hanya mengklaim memilikinya.

Situasi hidup

Apakah saat ini Anda masih lajang? Apakah Anda menjalani hubungan jangka panjang?  Situasi hidup bisa berubah dalam beberapa bulan atau semalaman. Perusahaan bisa menawarkan Anda lokasi kerja di area berbeda. Anda mungkin harus segera berhenti dari pekerjaan dan terbang ke luar negeri dan tinggal di sana selama bertahun-tahun.

Semua orang punya situasi berbeda. Ini sebabnya tidak ada satu saran yang sesuai untuk semua situasi ketika bicara tentang membeli properti. Pastikan investasi apartemen Anda sesuai dengan situasi Anda.

Tujuan properti

Tiap orang punya tujuan berbeda dengan apartemen yang dimiliki. Beberapa hanya ingin menghuninya. Beberapa ingin menikmati tinggal di pusat kota. Beberapa semata ingin akses mudah ke kantor. Pastikan Anda memikirkan tujuan ini lebih dulu dan tentukan apakah membeli apartemen dibutuhkan untuk mencapai tujuan Anda. Juga pastikan harganya sesuai dengan anggaran Anda, bila tidak sesuai, kehidupan finansial Anda akan membuat Anda semakin stres.

Mungkin yang paling penting, bukan ide bagus untuk membeli apartemen hanya semata karena keputusan investasi. Tentu bagus bila apartemen yang Anda beli adalah penawaran terbaik, tapi ini jangan jadi kriteria satu-satunya.

Bial tujuan Anda adalah menghasilkan uang dengan cepat, maka Anda perlu mempertimbangkannya kembali. Ada terlalu banyak risiko yang dilibatkan. Ada banyak orang yang berinvestasi properti tapi kemudian belum juga ada pembeli yang membeli properti  mereka.

 

Notes:

Anchor:

  • Investasi Apartemen
    URL:
  • Apartemen Westmark
    URL:

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*