Hosting Indonesia

Hosting Indonesia! Buat yang baru baca istilah yang satu ini pasti agak terkejut. Istilah apa lagi ini, ya? Kira-kira berkaitan dengan apa, ya? Mengapa banyak diulas di internet, ya? Dan masih banyak pertanyaan lainnya yang seliweran di benak. Memang harus diakui tidak semua orang Indonesia paham benar apa itu hosting. Mereka lebih paham istilah posting daripada hosting. Meskipun sama-sama berakhiran -ing tapi beda sekali maknanya.

Hosting Indonesia
Hosting Indonesia

Baca juga artikel lain di : http://renaoktriyani.blog.institutpendidikan.ac.id/

Hosting itu erat kaitannya dengan komputer dan segala tetek bengeknya. Termasuk jagad dunia maya. Ya, wajar saja sih. Hosting itu memang sangat dikenal di dunia maya.

Hosting Indonesia itu artinya bukan hosting yang berasal dari dalam negeri. Alias Indonesia loh, gaes. Meskipun bawa-bawa nama Indonesia ini bukan berarti bahwa ia pure alias murni buatan produk dalam negeri.

Ya seperti yang sudah diketahui banyak orang sebelumnya bahwa komputer dengan segala tetek bengeknya itu ditemukan dan dikembangkan oleh dunia barat. Bukan dunia timur di mana Indonesia terletak. Maka ini bisa dipahami bahwa hosting Indonesia sudah pasti bukanlah produk asli Indonesia.

Sepanjang yang kuketahui, hosting itu kawan dekatnya domain. Kedua istilah ini wajib diketahui buat semua orang yang bermimpi memiliki blog sendiri di internet. Itu loh semacam kamar pribadi tempat kita bebas berkreativitas. Di sana kita bisa menyalurkan hobi kita agar mendapat perhatian, dukungan, pekerjaan bahkan juga sensasi.

Menurut Kamus bahasa Inggris – Indonesia, hosting dapat diartikan sebagai tuan rumah. Yaitu tuan rumah dari kamar yang kita miliki di dunia maya tadi. Di sana kita menyimpan banyak sekali data digital. Ada yang berupa gambar, teks, video dan audio. Semuanya tersimpan secara rapi dan permanen di dalam hosting. Nah agar semua orang bisa mengakses semua data digital yang kita miliki tadi maka kita harus memiliki hosting. Hosting Indonesia  adalah salah satu penyedia jasa pembuatan hosting di Indonesia.

Domain adalah alat bantu yang digunakan untuk memudahkan kita mengingat alamat tuan rumah yang kita sewa selama beberapa waktu tertentu. Alamat tuan rumah yang dimaksud di sini adalah alamat IP yang dimiliki oleh setiap komputer. Adalah hal yang sangat sulit sekali bagi kita, umat manusia, untuk menghapal sesuatu dalam bentuk angka. Oleh sebab itulah maka kita cenderung lebih suka menghafalnya dalam bentuk kata-kata singkat. Nah di dalam dunia maya ini, kata-kata singkat yang berisi alamat IP itu disebut domain.

Kembali ke bahasan hosting Indonesia. Dewasa ini kita tidak begitu sulit bila ingin memiliki sebuah situs internet sendiri. Tidak seperti masa-masa awal tahun 1999. Itu adalah masa di mana internet baru masuk ke dunia teknologi informasi kita. Saat itu sekali berselancar di dunia maya saja per jamnya bisa dikenakan biaya 25 hingga 50 ribu. Tergantung warung internet yang menyediakan fasilitas internetnya lengkap atau tidak. Maka bisa dibayangkan berapa biaya yang dibutuhkan untuk membuat situs pribadi pada tahun-tahun tersebut. Sudah paati sangat mahal dan sangat jarang sekali di Indonesia. Semua penyedia jasa pembuatan situs yang melibatkan domain dan hosting berasal dari luar Indonesia.

Itulah salah satu alasan mengapa kemudian pada akhir tahun 2015 mulai menjamur penyedia jasa pembuatan situs dunia maya di tanah air. Para penyedia jasa hosting Indonesia ini berasal dari kalangan mahasiswa informatika dan kalangan akademisi. Mereka pandai mencium peluang usaha sekaligus membantu program pemerintah dalam memasyarakatkan fungsi dan manfaat Internet dalam kehidupan sehari-hari.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*