Perbedaan Antara Beton Cor Manual dengan Beton Ready Mix

Perbedaan Antara Beton Cor Manual dengan Beton Ready Mix – Saat seseorang atau perusahaan ingin membangun hunian untuk kantor atau tempat tinggal. Dalam pembangunannya, tentu membutuhkan bahan dan material yang mumpuni untuk menghasilkan sebuah bangunan  yang bagus, awet, dan tidak mudah rusak. Oleh karena, setidaknya Anda harus paham beberapa kelebihan dan kelemahan dari sebuah beton yang berasal dari cor manual maupun beton dari jenis ready mix.

Berikut ini akan dijabarkan beberapa perbedaan antara beton cor secara manual dan beton cor dari jenis ready mix.

Perbedaan Komposisi Adonan Bahan

Adonan untuk beton cor manual terdiri dari pasir kasar, semen, kerikil, dan air. Alatnya yang sederhana membuat campuran beton cor secara manual tidak maksimal dalam pencampuran. Hanya saja, pembuatannya cenderung lebih cepat karena dikerjakan di area konstruksi bangunan, sehingga dapat langsung digunakan.

Adonan untuk beton ready mix diproduksi dalam batching plant dengan material bahan yang digunakan. Biasanya bahan tersebut berasal dari campuran pasir kasar, semen, batu koral kecil, dan air dalam sebuah wadah beton split molen dengan takaran yang sesuai. Setelah adonan beton jadi dan siap dikirimkan, maka penyedia jasa akan memastikan bahwa pesanan beton cor tersebut sampai dengan selamat.

Perbedaan dalam Penggunaan Jasa Tenaga Ahli

Karena menggunakan jasa ahli dalam penggarapannya, hasil beton jenis ready mix lebih baik dibandingkan dengan hasil cor manual. Hal ini dikarenakan komposisi bahan yang dipilih juga lebih berkualitas dibandingkan bahan untuk beton cor manual. Oleh karenanya tidak mengherankan bila hasil akhir dari penggunaan beton dari jenis ready mix lebih rata dibandingkan hasil akhir dari bahan cor manual. Hasil cor manual juga cenderung tidak tahan lama karena tidak menggunakan jasa ahli.

Perbedaan Berdasarkan Efisiensi Waktu

Waktu yang dibutuhkan dalam dalam pengecoran manual lebih lama. Hal ini dikarenakan pengecoran manual dilakukan di tempat proyek dilangsungkan, sehingga proses menunggu adonan selesai cukup memakan waktu.

Berbeda dengan ketersediaan bahan beton ready mix dikarenakan bahan beton sudah siap pakai ketika berada di lokasi konstruksi, sehingga pembangunan hunian bisa segera dilangsungkan dalam tempo singkat.

Perbedaan Berdasarkan Tenaga Kerja yang Digunakan

Dalam pengecoran menggunakan bahan beton jenis ready mix tidak membutuhkan banyak tenaga kerja. Hanya dengan beberapa tukang saja, adonan beton siap didistribusikan pada pihak klien yang membutuhkan. Hal tersebut biasanya telah satu paket dengan jasa layanan terkait ketika Anda meminta sejumlah bantuan di dalamnya.

Berbeda dengan pengecoran ready mix, penggunaan cor beton manual tentu membutuhkan lebih banyak tenaga kerja. Pengaplikasian mesin manual harus dikondisikan agar adonan bisa sesuai dengan pesanan. Dengan demikian dilihat dari tingkat efektivitas tenaga kerjanya, penggunaan bahan beton jenis ready mix lebih baik dibandingkan cor manual.

Saat Anda telah mengerti beberapa perbedaan antara beton ready mix dan beton cor manual, Anda akan lebih mudah dalam menentukan layanan jasa untuk pembangunan hunian atau kantor yang diinginkan. Anda bisa langsung memilih di antara paket yang disediakan agar pihak kontraktor bisa langsung mengeksekusi niatan Anda.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*