Contoh Elektrolisis dalam Kehidupan Sehari-hari

Apa itu elektrolisis? Mungkin istilah ini sangat asing untuk didengar oleh orang awam. Biasanya istilah ini digunakan dalam bidang industry atau pendidikan. Elsktrolisis adalah sebuah elektrolit yang diuraikan oleh arus listrik. Apabila arus listrik dialirkan di dalam larutan elektrolit, maka akan terjadi reaksi kimia berupa arus listrik yang akan diubah menjadi energy kimia.

Terdapat tiga ciri utama dari kegiatan elektrolisis ini yaitu adanya larutan elektrolit yang memiliki kandungan ion bebas, sumber arus listrik, dan dua elektroda di dalam sel elektrolisis. Meskipun demikian, sebenarnya elektrolisis ini banyak sekali digunakan di dalam sehari-hari. Apa saja contohnya? Mari kita simak ulasan mengenai contoh elektrolisis dalam kehidupan sehari-hari di bawah ini.

Contoh Elektrolisis dalam Kehidupan Sehari-hari

Pembuatan Gas

Contoh penggunaan reaksi elektrolisis dalam kehidupan sehari-hari yang pertama yaitu pembuatan gas. Industry gas biasanya menggunakan reaksi ini dalam proses pembuatan gas klorin, gas hydrogen, da gas oksigen. Dalam kegiatan ini larutan elektrolit yang dapat digunakan adalah I A, (K+, Na+),AI3,  Mn2+ , dan (Ca2+, Mg2+).

Pembuatan Bahan Kimia

Beberapa bahan kimia ternyata juga memanfaatkan reaksi elektrolisis dalam proses pembuatannya. Contohnya saya alkali tanah alumunium, logam alkali, natrium hidroksida, dan masih banyak lagi.

Penyepuhan Emas

Bagi wanita perhiasan emas adalah hal yang sangat disukai. Selain sebagai perhiasan, emas juga dapat dijadikan investasi masa depan yang menguntungkan. Namun tahukah kamu bahwa emas juga menggunakan reaksi elektrolisis dalam proses pembuatannya? Dalam proses penyepuhan emas menggunakan prinsip penggunaan sel yang proses  bersama elektrolit larutan dan electode reaktif.

Proses Pemurnian Logam

Kegiatan sehari-hari lainnya yang melibatkan reaksi elektrolisis adalah proses pemurnian logam. Logam yang digali biasanya masih dalam keadaan kotor yang mana membutuhkan proses pemurnian dengan bantuan reaksi kimia. Logam yang masih kotor ditempatkan sebagai anode, sedangkan katode nya menggunakan logam murni. Selain itu, elektrolit yang digunakan wajib mengandung kation logam yang telah dimurnikan. Untuk memahami lebih lanjut, kita bias memperdalam materi elektrolisis ini dengan melakukan praktikum elektrolisis langsung dan langsung buat laporan praktikum elektrolisis tersebut.

Demikian ulasan lengkap mengenai contoh penggunaan elektrolisis dalam kehidupan sehari-hari. Semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*