9 Game Roguelike Terbaik di Penghujung Tahun 2020

9 Game Roguelike Terbaik di Penghujung Tahun 2020. Saat bermain game, tentu kita pernah mengalami hal yang namanya kekalahan. Hanya saja, kita bisa mengulanginya lagi dari save point terakhir dan mengubah strategi sehingga nantinya bisa menang, Namun, bagaimana jika dampak kekalahanmu itu bersifat permanen? Dengan kata lain, seluruh progresmu akan dihapus, dan kamu harus bermain lagi dari awal.

Untuk sebagian orang ini jelas merupakan hal yang kejam. Akan tetapi, kenyataannya genre game semacam itu memang ada; genre yang mengharuskan mengulang dari awal jika kalah. Genre tersebut adalah roguelike, atau jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia adalah “mirip Rogue”. Rogue di sini berasal dari nama game jadul yang menjadi cikal bakal genre ini.

Hingga tahun 2020 ini, game Roguelike masih sangat diminati, terbukti dari munculnya game dengan genre serupa setiap tahunnya. Untuk itu, pada artikel kali ini kita akan membahas game Roguelike terbaik di penghujung tahun 2020.

Beberapa Game Roguelike Terbaik

Spelunky

Spelunky merupakan game Roguelike yang rilis pada tahun 2008 silam. Awalnya game ini hanya dirilis untuk PC, tapi seiring berjalannya waktu Spelunky mulai merambah ke platform lain seperti Xbox, PS3, PS4, PS Vita, dan Xbox 360.

Terbukti dari eksistensinya hingga sekarang, menandakan bahwa game ini layak menyandang gelar game Roguelike terbaik. Itu karena alur permainannya yang cukup mirip dengan Super Mario, tapi dengan variasi stage tak terbatas. Jika di Super Mario tata letak stage pasti selalu sama, di sini tata letak stage akan selalu berbeda di setiap permainan. Ditambah lagi, jika multilayer, Spelunky akan menjadi semakin menyenangkan.

Crypt of The Necrodancer

Crypt of The Necrodancer pertama kali dirilis pada bulan April tahun 2015 untuk PC. Karena banyaknya peminat, di tahun berikutnya Brace Yourself Game, sang pengembang, memutuskan untuk merambah ke platform lain seperti PS4, PS Vita, Xbox One, dan Nintendo Switch.

Crypt of The Necrodancer berfokus pada penjelajahan dungeon yang dipadukan dengan elemen musik seperti Guitar Hero, Osu, dan sejenisnya. Jadi ketika ada musuh yang menghadang, kamu harus bergerak sedemikian rupa sesuai dengan irama musik. Semakin cocok gerakanmu dengan irama musik, maka damage yang kamu berikan ke monster akan semakin besar. Karena uniknya gaya permainan Crypt of The Necrodancer, tidak heran kalau itu masih mendapat gelar game Roguelike terbaik di tahun 2020.

Moonlighter

Moonlighter adalah game Roguelike yang rilis pada tahun 2018 untuk PC, PS4, Nintendo Switch, dan Xbox One. Game ini dikembangkan oleh Digital Sun, sebuah tim pengembang game indie dari Spanyol.

Pada Moonlighter, pemain berperan sebagai tim penjelajah dungeon alien untuk mengumpulkan berbagai barang-barang unik untuk dijual. Uang dari penjualan tersebut nantinya bisa dipakai untuk meningkatkan fasilitas kota tempatmu berada. Fasilitas itu di antaranya adalah tempat pembuatan potion, pandai besi, dan masih banyak lagi. Itulah sekilas penjelasan tentang game Roguelike terbaik nomor tiga.

Binding of Isaac

Binding of Isaac sudah dirilis cukup lama, yakni pada tahun 2011 untuk platform PC dan iOS. Namun, karena mendapat banyak respons positif, sang pengembang mulai melebarkan sayapnya ke platform lain seperti PS4, PS Vita, Nintendo Switch, Nintendo 3DS, hingga Xbox One.

Di Binding of Isaac, pemain akan berperan sebagai Isaac yang sedang berusaha melawan takdirnya. Cerita ini bermula ketika ibu Isaac yang mendengar “bisikan Tuhan” bahwa anaknya akan menjadi jahat di masa depan. Untuk mencegah itu, sang ibu disuruh untuk diperintah untuk menyita semua alat gambar, mainan, dan bahkan pakaiannya. Apakah Isaac bisa selamat dari ibunya? Jawabannya bisa kamu temukan saat memainkan game Roguelike terbaik nomor empat ini.

FTL: Faster Than Light

FTL: Faster Than Light pertama kali rilis pada bulan September di tahun 2012 hanya untuk PC. Game ini dikembangkan dan diterbitkan oleh Subset Game, sebuah tim pengembang yang berasal dari Shanghai, Tiongkok.

Di game FTL: Faster Than Light, pemain berperan sebagai salah satu pasukan federasi galaksi yang berada di dalam kapal dan terpisah dari pasukan utama. Di sini tugasmu adalah bergabung dengan pasukan utama dan berperang habis-habisan dengan pasukan pemberontak. Itulah cerita bagaimana game Roguelike terbaik ini dimulai.

Nuclear Throne

Nuclear Throne pertama kali muncul di bulan Oktober tahun 2013 untuk platform PC dengan status akses awal. Dua tahun berikutnya, tepatnya di bulan Desember 2015, game ini baru rilis sepenuhnya untuk PC, PS4 dan PS Vita.

Di game ini pemain bisa memilih dua belas karakter, yang mana sepuluh karakter bisa didapatkan dengan cara tertentu. Sementara dua karakter lainnya hanya bisa dimainkan pada kondisi unik. Setiap karakternya punya skill yang berbeda, sehingga setiap pemain mengganti karakter, dia akan mendapatkan pengalaman baru. Itulah informasi singkat tentang Nuclear Throne, game Roguelike terbaik di tahun 2020.

Enter The Gungeon

Enter The Gungeon pertama kali keluar pada bulan April tahun 2016. Sasaran utamanya adalah PC, PS4, Nintendo Switch, serta Xbox One. Pengembang dari game ini adalah Dodge Roll, studio game indie yang berasal dari Texas, Amerika Serikat.

Jika mendengar Texas, kita pasti akan langsung teringat pada koboi yang erat kaitannya dengan adegan baku tembak. Nah, di game ini nantinya kita juga akan sering melakukan adegan baku tembak. Kabar baiknya, saat berhasil menyelesaikan suatu dungeon, kita akan mendapat hadiah berupa tembak baru. Dan seperti ciri khas genre ini, semakin sulit musuh yang dihadapi, maka tembak yang bakal kita peroleh juga semakin  bagus. Itulah sekilas gameplay dari Enter The Dungeon, game Roguelike terbaik nomor tujuh.

Into The Breach

Into The Breach punya kemiripan dengan FTL: Faster Than Light, yakni dua-duanya dikembangkan oleh studio yang sama. Karena itu tidak heran kalau dua game ini punya tema yang mirip: futuristik. Into The Breach dirilis pada bulan Februari tahun 2018, untuk platform PC.

Di dalam game Into The Breach, pemain berperan sebagai orang yang mengomandani berbagai robot keren. Robot-robot keren ini akan kita gunakan untuk melawan monster raksasa atau Kaiju yang tengah melancarkan invasinya pada umat manusia. Namun, kamu tidak perlu takut karena robot-robot tersebut sudah dibekali dengan berbagai senjata tempur anti Kaiju. Begitulah gambaran sekilas game Roguelike terbaik nomor delapan ini.

Slay The Spire

Slay The Spire merupakan game Roguelike yang menggabungkan unsur turn base dan kartu. Kartu ini nantinya berisi skill yang bisa kamu pakai untuk melawan monster. Untuk saat ini di game Slay The Spire terdapat empat karakter, yang mana masing-masing karakter punya set kartu yang berbeda.

Bagi Anda para gamer perlu mengetahui dan mainkan game terbaik yang bisa menghibur bahkan juga bisa menghasilkan uang untuk Anda seperti game slot online.

Itulah sembilan game Roguelike terbaik di penghujung tahun 2020. Semoga artikel ini bermanfaat, dan kamu bisa lebih mengenal apa itu game Roguelike. Sukses.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*